Workshop Pengembangan Program Praktik Kerja Lapangan
Bersama Dunia Kerja bersama ibu Kusni, SH dari PT. Wingo Albindo menjawab SOP dan K3LH yang berlaku pada tiap dunia usaha dan industri.

SMK Muhammadiyah 1 Tangerang mengadakan Workshop Pengembangan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bersama Dunia Kerja (27/10/202) di ruang meeting SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. 

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Tangerang, Suhelmi, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada bapak ibu guru terkait program Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Kurikulum Merdeka . Sebagai narasumber , Kusni, S.H., dari PT. Wingoh Albindo, menyampaikan bahwa apapun kurikulum yang berlaku, hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pendidikan di SMK adalah jalinan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri serta dunia kerja.  Hal ini dikarenakan tujuan dari  pendidikan di SMK salah satunya adalah siswa dapat bekerja di DUDIKA sesuai kompetensi keahliannya.  Untuk itu, Kusni, S.H berharap lulusan SMK mempunyai kompetetensi  hard skill dan soft skill yang kuat serta mempunyai job competence sertifikat sebagai portofolio agar dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri.

Kusni, S.H, menjelaskan bahwa ada 5 tahapan pelatihan untuk pengembangan program PKL yaitu pelatihan onboarding/departmental, orientasi budaya perusahaan, perkembangan kemampuan teknis / monitoring Task Competency Inventory, pelatihan perkembangan soft skills dan pelatihan pengajaran produk dan jasa / gerai SMK.   “Lakukan sesuatu yang membuat dirimu di masa depan berterima kasih pada dirimu yang sekarang” pesan Kusni, S.H, di akhir acara.

Kegiatan ini diikuti oleh bapak ibu guru  yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang dari 4 kompetensi keahlian, yakni Desain Komunikasi Visual, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Bisnis Digital, dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Tim Jurnalistik Mutukreasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *